Senin, 26 Januari 2015

Perang Dingin Amerika Serikat vs Uni Soviet

            Perang dingin merupakan perang sebagai perwujudan konflik atas perbedaan ideologi yang terjadi antara Blok Barat yang dikuasai oleh Amerika Serikat dan Blok Timur yang dikuasai oleh Uni Soviet.
A.    PENYEBAB TERJADINYA PERANG DINGIN
Pada awalnya, untuk mengakhiri Perang Dunia II, Uni Soviet dan Amerika Serikat bersekutu dan bersatu untuk menghadapi NAZI Jerman di bawah pimpinan Adolf Hitler. Amerika Serikat pernah mengirim bantuan tentara ke Uni Soviet untuk menggempur pasukan Jerman.
Perbedaan ideologi juga menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya perang dingin antara AS dan ES. Ideologi liberal-kapitalis yang dianut Amerika Serikat tidak dapat sejalan dengan ideologi sosialis-komunis yang dianut Uni Soviet.
Amerika Serikat dan Uni Soviet saling berusaha menjadi pemimpin dunia.Mereka berkeinginan dapat berkuasa dan memimpin dunia seperti masa kejayaan Inggris dan Prancis pada masa imperialisme kuno. Amerika dan Soviet berusaha menjadi pemimpin dunia dengan cara baru, misalnya kekuatan ekonominya.
Amerika Serikat dengan kekuatan ekonominya berusaha mempengaruhi negara-negara lain khususnya negara yang baru merdeka dengan paket bantuan ekonomi. AS beranggapan bahwa negara yang rakyatnya hidup makmur dapat menjadi tempat pemasaran hasil industri, dan juga akan menjauhkan dari pengaruh sosialis-komunis. Kemiskinan akan menjadi ladang subur bagi perkembangan ideologi sosialis-komunis.
Uni Soviet dengan kekuatan ekonominya juga berusaha membentengi negara-negara yang telah mendapat pengaruhnya.Paket bantuan ekonomi Soviet juga diberikan untuk memperbaiki keadaan ekonomi negara-negara tersebut.Selain itu, Uni Soviet juga berusaha mendekati rakyat suatu negara yang sedang melakukan perjuangan nasionalnya dengan mengirimkan para tenaga ahli dan peralatan militer.

B.     TERJADINYA PERANG DINGIN
Terjadi sejak pembagian Jerman menjadi dua wilayah, yaitu Jerman Barat dan Jerman Timur. Pembagian dua negara Jerman pasca PD II itu berakibat pada pembagian kota Berlin menjadi Berlin Barat dan Berlin Timur. Berlin Barat dikuasai oleh Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis, sedangkan Berlin Timur dikuasai oleh Uni Soviet.
Doktrin Truman merupakan bantuan ekonomi yang dilakukan oleh Amerika Serikat untuk membendung pengaruh komunis di negara-negara Eropa.bantuan yang diberikan tersebut tidak hanya berupa bantuan keuangan, tetapi juga bantuan militer dan penasihat militer
Perang dingin juga ditandai dengan terjadinya Perang Korea.Setelah berakhirnya PD II, tentara Uni Soviet menyerang Korea dari Utara dan mengalahkan tentara Jepang (12 Agustus 1945). Sementara itu, pada bulan september 1945 Amerika Serikat mendaratkan pasukannya di Korea bagian selatan. Dengan demikian di Korea terdapat dua daerah pendudukan, yaitu Korea Utara oleh Uni Soviet dan Korea Selatan berada di bawah pengaruh Amerika Serikat.
Karena usaha mempersatukan Korea tidak tercapai, maka Korea Selatan membentuk negara Republik Korea dengan ibu kotanya Seoul dan Syangman Rhee sebagai Presiden (15 Agustus 1948). Di pihak lain, Korea Utara mendirikan Republik Demokrasi Rakyat Korea dengan ibu kota Pyong Yang di bawah pimpinan Perdana Menteri Kim II Sung (September 1948).Perang Korea yang berlangsung selama kurang lebih 3 tahun dan berakhir pada tanggal 27 Juli 1953 dengan ditandatangani persetujuan gencatan senjata di Pamunjom.

C.     DAMPAK PERANG DINGIN
Bagi Dunia:
1.      Bidang Politik
Amerika Serikat berusaha menjadikan negara-negara yang sedang berkembang menjadi negara demokrasi agar hak asasi manusia dapat dijamin.Bagi negara-negara yang sebelumnya kalah seperti Jerman dan Jepang berkembang pula kapitalisme selain demokrasi.
 Uni Soviet dengan paham sosialis-kominunis merencanakan pembangunan negara dengan Rencana Lima Tahun.Cara tersebut dilakukan dengan ditaktor bukan liberal. Bagi negara dibawah pengaruh Uni Soviet yang melakukan penyimpangan akan ditindak keras oleh US. Demi kepentingan politik, ekonomi, dan militer kedua negara adikuasa tersebut menjalankan politik pecah belah sehingga beberapa negara menjadi terpecah.
2.      Bidang Ekonomi
AS sebagai negara kreditor terbesar memberikan pinjaman atau bantuan ekonomi kepada negara-negara yang sedang berkembang. Dengan adanya perang dingin maka berbagai bentuk kerjasama yang saling menguntungkan antara Eropa Timur dan Eropa Barat tidak dapat terjalin. Kegiatan tersebut terhambat karena negara-negara Eropa merasa kawatir jika suatu saat wilayahnya akan dijadikan sasaran adu kekuatan oleh AS dan US. Dampaknya perekonomian antara blok barat (negara-negara Eropa Barat) dan blok timur (negara-negara Eropa Timur) tidak seimbang dimana negara-negara blok barat jauh lebih maju daripada blok timur.
Bagi Indonesia:
Sistem politik-ekonomi Indonesia telah terpengaruh komunisme-sosialisme pada masa Orde Lama. Sementara pada masa Orde baru berkembang liberalisme-kapitalisme. Pada masa akhir dua kepemimpinan di atas, Indonesia mengalami krisis ekonomi.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar